From: Siauw Nam Khong <namkhong@×××××.id>
To: gentoo-user-id@g.o
Subject: Re: [gentoo-user-id] salam kenal..
Date: Tue, 16 Sep 2003 09:59:02
1 Rivo,
2
3 Selamat bergabung.
4 Kebetulan saya juga penggemar berat Gentoo Linux, setelah sekian lama
5 menggunakan Mandrake 8.2.
6
7 Kalau ada masalah dengan gentoo, jangan segan-segan kirim email ke milis ini.
8 Kalau kami mengerti, pasti kami langsung bantu. Kalau tidak, ya bisa bertanya
9 ke rekan yang lain. Forum Gentoo sangat aktif dan sangat mendukung.
10
11 Kalau ada masalah dengan bahasa, ya kami coba bantu dengan menerjemahkan
12 dokumen-dokumen utama. (Maaf Bang Erwin, lagi overloaded karena welchia dan
13 nachi, jadi progres terjemahan security agak tersendat....:) tapi saya mau
14 kebut nih, sekalian saya terapkan di tempat saya kerja).
15
16 Sekadar tambahan info, tidak penting, saat ini saya punya 5 server run Gentoo,
17 mail, network monitoring, proxy, server testing dan satu server yang akan
18 saya pasang vmware (kalau jadi).
19 Dulu pernah pasang Gentoo untuk firewall, tetapi sudah 2 kali dihajar sama
20 worm. Gentoonya tidak rusak, tapi tidak bisa handel overload traffic, jadi
21 terakhir, dikiranya Gentoonya yang rusak, jadi firewallnya sekarang
22 menggunakan Redhat.
23
24 Tetapi Redhat lebih banyak masalah dalam pengenalan driver. Saya paling malas
25 kalau harus compile kernel ulang untuk Redhat. Sungguh banyak hal-hal yang
26 tidak saya ketahui. Dan tidak bisa saya kontrol.
27
28 Sehari-hari saya menggunakan Gentoo, dengan KDE 3.1.2, kadang gnome, tetapi
29 kemarin baru ganti ke gentoo 1.4 dan saya cukup happy dengan performance kde
30 3.1.2. Maklum, saya installnya di notebook HP omnibook500, P3 700 Mhz. Dual
31 boot dengan win98, karena saya belum selesaikan instalasi winenya.
32 Tapi openoffice 1.1 boleh dicoba.... mantap bener..
33
34 Kmail, luar biasa, saya sudah reinstall Gentoo 2 atau 3 kali, tanpa kerepotan
35 untuk backup dan restore mail saya. Jadi mail directory menurut saya cukup
36 aman, dan juga konfigurasi filter kmail saya bisa dihidupkan kembali.
37
38 Pingin coba XFS, sekarang masih EXT3, tapi kemarin ada sedikit masalah dengan
39 ip route dengan gs-source kernel. Sekarang sudah solve.
40
41 Maaf, saya melantur... maklum di tempat saya masih belum ada pengikut untuk
42 jadi gentooer... terlalu berat kata mereka...
43
44 Salam,
45 Nam Khong
46