From: Siauw Nam Khong <namkhong@×××××.id>
To: gentoo-user-id@g.o
Subject: Re: [gentoo-user-id] salam kenal..
Date: Tue, 16 Sep 2003 09:59:02
Rivo,

Selamat bergabung.
Kebetulan saya juga penggemar berat Gentoo Linux, setelah sekian lama
menggunakan Mandrake 8.2.

Kalau ada masalah dengan gentoo, jangan segan-segan kirim email ke milis ini.
Kalau kami mengerti, pasti kami langsung bantu. Kalau tidak, ya bisa bertanya
ke rekan yang lain. Forum Gentoo sangat aktif dan sangat mendukung.

Kalau ada masalah dengan bahasa, ya kami coba bantu dengan menerjemahkan
dokumen-dokumen utama. (Maaf Bang Erwin, lagi overloaded karena welchia dan
nachi, jadi progres terjemahan security agak tersendat....:) tapi saya mau
kebut nih, sekalian saya terapkan di tempat saya kerja).

Sekadar tambahan info, tidak penting, saat ini saya punya 5 server run Gentoo,
mail, network monitoring, proxy, server testing dan satu server yang akan
saya pasang vmware (kalau jadi).
Dulu pernah pasang Gentoo untuk firewall, tetapi sudah 2 kali dihajar sama
worm. Gentoonya tidak rusak, tapi tidak bisa handel overload traffic, jadi
terakhir, dikiranya Gentoonya yang rusak, jadi firewallnya sekarang
menggunakan Redhat.

Tetapi Redhat lebih banyak masalah dalam pengenalan driver. Saya paling malas
kalau harus compile kernel ulang untuk Redhat. Sungguh banyak hal-hal yang
tidak saya ketahui. Dan tidak bisa saya kontrol.

Sehari-hari saya menggunakan Gentoo, dengan KDE 3.1.2, kadang gnome, tetapi
kemarin baru ganti ke gentoo 1.4 dan saya cukup happy dengan performance kde
3.1.2. Maklum, saya installnya di notebook HP omnibook500, P3 700 Mhz. Dual
boot dengan win98, karena saya belum selesaikan instalasi winenya.
Tapi openoffice 1.1 boleh dicoba.... mantap bener..

Kmail, luar biasa, saya sudah reinstall Gentoo 2 atau 3 kali, tanpa kerepotan
untuk backup dan restore mail saya. Jadi mail directory menurut saya cukup
aman, dan juga konfigurasi filter kmail saya bisa dihidupkan kembali.

Pingin coba XFS, sekarang masih EXT3, tapi kemarin ada sedikit masalah dengan
ip route dengan gs-source kernel. Sekarang sudah solve.

Maaf, saya melantur... maklum di tempat saya masih belum ada pengikut untuk
jadi gentooer... terlalu berat kata mereka...

Salam,
Nam Khong