From: Ronny Haryanto <ronnylist@××××××.to>
To: gentoo-user-id@l.g.o
Subject: Re: [gentoo-user-id] kernel 2.6 dan hang - SOLVED!
Date: Fri, 30 Apr 2004 03:30:48
On 21-Apr-2004, Ronny Haryanto wrote:
> Motherboard saya ASUS A7N8X-X, hdnya IDE biasa, video card abit siluro > fx5200 (nvidia), laennya standard, gak ada apa2 lagi. Saya belom coba > install Windows sih di mesin ini, belom perlu, nanti mungkin saya mau > coba juga sekedar utk membuktikan ini mesinnya apa OS-nya. BTW, > sebelum Gentoo saya pake Fedora Core 1 dg kernel 2.4 (fedora) maupun > 2.6 (vanilla) gak pernah begini.
Akhirnya! Kebetulan di milis gentoo-user ada yang posting bbrp hari lalu soal lockup di mobo dg chipset nforce2 (ASUS A7N8X family pake chipset nforce2). Mirip kasus saya. Ada yg memberitahu kalo ini kasus yg sering dijumpai dg mobo2 tertentu dg chipset nforce2. Solusi/workaroundnya adalah dengan append parameter "noapic nolapic acpi=off pci=noacpi" waktu boot (atau di grub.conf atau lilo.conf). Saya juga gak tanggung2 sekalian dari BIOS-nya saya matikan semua yg berhubungan dg ACPI maupun APIC (saya gak inget yg mana). Juga di kernelnya saya matikan semua yg ACPI, APIC, local APIC maupun APM. Saya skrg sudah pake kernel gentoo-dev-sources-2.6.5-r1 tanpa ada masalah, sudah up hampir 3 hari. Yipee! Thanks buat semua yang sudah memberi respons. Mudah2an thread ini bisa membantu seseorang yg berada dalam situasi yg sama dg saya. Ciao, Ronny -- gentoo-user-id@g.o mailing list